Minggu, 01 Juni 2014

Method (fungsi) pada Pemrograman Java

Diposting oleh Unknown di 10.53

Hello everybody \*0*/
Assalamualaikuumm \*0*/
jumpa lagii dengan  Miss Andam Dewi Ashari    eeeaaa…
Kali ini ane membuat postingan tentang algoritma dan pemrograman yang akan membahas method (fungsi), yang mana ini adalah salah satu mata kuliah paling tercetar di jurusan ane ‘-‘
Meski ini mata kuliah paling sulit *menurut ane dan kawan-kawan* ,tetapi kami tidak merasa jenuh dikarenakan dosen ane orangnya asik bin gauull .. hehe peace Pak \*0*/
Syudah syudah.. untuk tidak memperpanjang waktu.. *berasa pidato* -_-
kita langsung saja masuk ke materi kita tentang Method (fungsi) pada Java ..


Method adalah suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dikerjakan oleh
suatu object. Fungsi biasanya digunakan untuk menyederhanakan sebuah operasi. Ketika dua buah prosedur membutuhkan sebuah operasi yang sama maka operasi tersebut dapat ditulis kedalam fungsi sehingga bisa menghemat waktu penulisan tanpa harus menulis dua kali. Dengan method ini kita memanggil kumpulan program hanya dengan memanggil nama methodnya, pekerjaan jadi lebih singkat dan tidak boros menuliskan program, program menjadi lebih terstruktur, praktis, dan efisien. Method didefinisikan pada class, tetapi dipanggil melalui object.
Contoh pada object Jeruk terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lain-lain
Berikut adalah karakteristik dari method :
1.  Bisa mengembalikan nilai (return)
dengan tipe data int, float, double,
boolean, string, atau char .
     Ex: static int namaMethod(int b);
2. Tidak bias mengembalikan nilai dengan menggunakan “void” .
    Ex: static void namaMethod();
3. Bisa diterima beberapa parameter “
( )” yang dibutuhkan atau tidak ada
    parameter sama sekali. Parameter bisa juga disebut sebagai argumen dari  
    fungsi
4. setelah method selesai dieksekusi, dia akan kembali pada method yang
    memanggilnya.
Main method merupakan method utama yang di jalankan pada saat di run. Setiap class dalam sebuah aplikasi boeh memiliki main method tetapi hanya ada satu main method yang di run pada saat eksekusi program.


Pendeklarasian
pada  method terdiri atas dua bagian:
1. Method declaration
2. Method Body

Contoh
:
public int Perkalian (int y;int z) {
methode body
}

Untuk memangggil method dapat menggunakan syntax:
          
           nama class(spasi)objek = new nama class();
           tipe data objek = objek.method();


Modifier (tipe akses) pada method yaitu:
• Public
tipe akses ini  dapat diakses oleh kelas lain.
• Private
tipe akses ini tidak dapat diakses oleh kelas lain. private hanya bisa dipanggil di dalam classnya.
Protected
tipe akses ini   hanya bisa dipanggil oleh object yang terdapat dalam satu package dengan kelasnya.
    

Contoh-contoh program menggunakan method :
1.     Program lingkaran
public class Lingkaran {
        public int radius;
        public double HitungLuas(){
            return 3.14 * radius * radius;
        }
        public double KelilingLingkaran (){
            return 2 * 3.14 * radius;
        }
}
public class Aplikasi {
    public static void main (String [] args){
    Lingkaran r = new Lingkaran ();
    r.radius = 14;

System.out.println("Radius lingkaran    = " + (r.radius));
System.out.println("Luas lingkaran      = " +r.HitungLuas());
System.out.println("Keliling lingkaran ="+r.KelilingLingkaran());   
}
}

2.    Contoh program

public class BangunDatar {
public static double hitungKeliling(double sisiAB, double sisiBC, double sisiCA) {

      double keliling;
      keliling = sisiAB + sisiBC + sisiCA;
      return keliling;
   }

   // Metoda hitungLuas
   // Untuk mencari luas segi tiga
   public static double hitungLuas(double sisiAB) {

      // Deklarasi variabel
      double luas;

      // Mencari tinggi segi tiga
      double tinggi = Math.sqrt(Math.pow(sisiAB, 2) -  Math.pow((0.5 * sisiAB), 2));

      // Mencari luas segi tiga
      luas = sisiAB * tinggi;
      return luas;
}}


3.    Contoh program
public class Persegi
{
  
    //Hitung Luas
    public static int HitungLuas (int p, int l)
    {
     return p*l;  
    }
    public static int HitungKeliling (int p, int l)
    {
     return 2*p + 2*l;  
    }
   
}
public class Aplikasi {
    public static void main (String[] args){
        // Input panjang dan lebar
        int panjang = 10;
        int lebar = 8;
        // Buat object dari Persegi
        String s1 = new String("Hello");
        Persegi p1 = new Persegi();
       
        int luas = p1.HitungLuas(panjang,lebar);
        int keliling = p1.HitungKeliling(panjang, lebar);
        //print
        System.out.println(luas);
        System.out.println(keliling);
    }
}


4.    Contoh program

public class aplikasi {
    public static void main (String [] args){
      
 trapesium x = new trapesium(3,4,5);
       
System.out.println(x.luas());
        
System.out.println(x.keliling());
   
}
}

public class trapesium {   
public trapesium (int a, int b, int t){
              
atas = a;             
bawah = b;              
tinggi = t;          
}

 public double luas() {   
return (atas + bawah * tinggi)/2;
}

public double alassegitiga(){            
return (atas-bawah);
}
    
public double simir(){             
return Math.sqrt(tinggi * tinggi + alassegitiga() * alassegitiga());
}
  
 public double keliling ()         
 {
   return atas + bawah + tinggi + simir();
 }
  
public int atas;
   
public int bawah;
   
public int tinggi;

}


5.    Contoh program

import java.util.Scanner;

public class aplikasi {
 public static void main(String [] args) {

Scanner in = new Scanner(System.in);
   
System.out.print("Inputkan Jumlah Data = ");   
int a = in.nextInt();
       
for(int i=0 ; i < a;i++) {
System.out.print(+(i+1));

System.out.print(".Masukan Nama = ");
String nama = in.next();      

System.out.print(" Masukan Nim  = ");
String nim = in.next ();

System.out.print(" Masukan Nilai = ");
int nilai = in.nextInt();
  
new Rumus().Huruf(nilai) ;
}
}
}


public class Rumus {
                            
public static void Huruf (int nilai) {
               
if (nilai>=80)
{            
System.out.println("Nilai A");
}
         
else     
if (nilai>=70)
{            
System.out.println("Nilai B");       
}
         
else     
if (nilai>=60)
         
{            
System.out.println("Nilai C");       
}
         
else         
if (nilai>=50)    
{            
System.out.println("Nilai D");       
}
         
else
if(nilai<=45)     
{            
System.out.println("Nilai E");       
}
    
}
}



Naahh.. mulai pusing?
Saya jugaa (-_-“)
Tapi harus tetap semangat dan selalu belajar !
Semoga postingan ini bermanfaat yaaa ..


[don’t be a silent reader.. do leave a comment ^^ ]
Tinggalkan jejak anda . -

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Hahaha, artikelnya kereeenn :v Kalo bisa posting tentang ARRAY dan MATRIX jg yaa :v

Unknown mengatakan...

nun pliss nun plisss TT

Unknown mengatakan...

ish, sok kenal.. nun nun -_-
yukk kunjungi http://serbaserbi-mahasiswa.blogspot.com

 

Miss Galaxy Yoon Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea