Hello everybody \*0*/
Assalamualaikuumm \*0*/
jumpa lagii dengan Miss Andam Dewi Ashari eeeaaa…
jumpa lagii dengan Miss Andam Dewi Ashari eeeaaa…
Kali ini ane membuat postingan tentang algoritma
dan pemrograman yang akan membahas method (fungsi), yang mana ini adalah salah
satu mata kuliah paling tercetar di jurusan ane ‘-‘
Meski ini mata kuliah paling sulit *menurut ane dan
kawan-kawan* ,tetapi kami tidak merasa jenuh dikarenakan dosen ane orangnya
asik bin gauull .. hehe peace Pak \*0*/
Syudah syudah.. untuk tidak memperpanjang waktu..
*berasa pidato* -_-
kita langsung saja masuk ke materi kita tentang
Method (fungsi) pada Java ..
Method adalah suatu operasi
berupa fungsi-fungsi yang dikerjakan oleh
suatu
object. Fungsi biasanya digunakan untuk menyederhanakan sebuah operasi. Ketika dua buah
prosedur membutuhkan sebuah operasi yang sama maka operasi tersebut dapat
ditulis kedalam fungsi sehingga bisa menghemat waktu penulisan tanpa harus
menulis dua kali. Dengan method ini kita memanggil kumpulan program
hanya dengan memanggil nama methodnya, pekerjaan jadi lebih singkat dan tidak
boros menuliskan program, program menjadi lebih terstruktur, praktis, dan
efisien. Method didefinisikan pada class,
tetapi dipanggil melalui object.
Contoh pada object Jeruk
terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lain-lain
Berikut adalah karakteristik
dari method :
1. Bisa mengembalikan nilai (return) dengan tipe data int, float, double,
1. Bisa mengembalikan nilai (return) dengan tipe data int, float, double,
boolean, string, atau char .
Ex: static int namaMethod(int b);
2. Tidak bias mengembalikan
nilai dengan menggunakan “void” .
Ex:
static void namaMethod();
3. Bisa diterima beberapa parameter “( )” yang dibutuhkan atau tidak ada
3. Bisa diterima beberapa parameter “( )” yang dibutuhkan atau tidak ada
parameter
sama sekali. Parameter bisa juga disebut sebagai argumen dari
fungsi
4. setelah method selesai dieksekusi, dia akan kembali pada method yang
4. setelah method selesai dieksekusi, dia akan kembali pada method yang
memanggilnya.
Main method merupakan method utama yang di jalankan
pada saat di run. Setiap class dalam sebuah aplikasi boeh memiliki main method
tetapi hanya ada satu main method yang di run pada saat eksekusi program.
Pendeklarasian pada method terdiri atas dua bagian:
1. Method declaration
2. Method Body
Contoh :
public int Perkalian (int y;int z) {
methode body
}
Untuk memangggil
method dapat menggunakan syntax:
nama class(spasi)objek
= new nama class();
tipe data objek =
objek.method();
Modifier (tipe akses) pada method yaitu:
• Public
tipe akses ini dapat diakses oleh kelas lain.
• Private
tipe akses ini tidak dapat diakses oleh kelas lain. private hanya bisa dipanggil di dalam classnya.
• Protected
tipe akses ini hanya bisa dipanggil oleh object yang terdapat dalam satu package dengan kelasnya.
• Public
tipe akses ini dapat diakses oleh kelas lain.
• Private
tipe akses ini tidak dapat diakses oleh kelas lain. private hanya bisa dipanggil di dalam classnya.
• Protected
tipe akses ini hanya bisa dipanggil oleh object yang terdapat dalam satu package dengan kelasnya.
Contoh-contoh program menggunakan method :
1.
Program lingkaran
public class
Lingkaran {
public int radius;
public double HitungLuas(){
return 3.14 * radius * radius;
}
public double KelilingLingkaran (){
return 2 * 3.14 * radius;
}
}
public class
Aplikasi {
public static void main (String [] args){
Lingkaran r = new Lingkaran ();
r.radius = 14;
System.out.println("Radius
lingkaran = " + (r.radius));
System.out.println("Luas
lingkaran = " +r.HitungLuas());
System.out.println("Keliling
lingkaran ="+r.KelilingLingkaran());
}
}
2. Contoh
program
public class
BangunDatar {
public static
double hitungKeliling(double sisiAB, double sisiBC, double sisiCA) {
double keliling;
keliling = sisiAB + sisiBC + sisiCA;
return keliling;
}
// Metoda hitungLuas
// Untuk mencari luas segi tiga
public static double hitungLuas(double
sisiAB) {
// Deklarasi variabel
double luas;
// Mencari tinggi segi tiga
double tinggi = Math.sqrt(Math.pow(sisiAB,
2) - Math.pow((0.5 * sisiAB), 2));
// Mencari luas segi tiga
luas = sisiAB * tinggi;
return luas;
}}
public class
Persegi
{
//Hitung Luas
public static int HitungLuas (int p, int l)
{
return p*l;
}
public static int HitungKeliling (int p,
int l)
{
return 2*p + 2*l;
}
}
public class
Aplikasi {
public static void main (String[] args){
// Input panjang dan lebar
int panjang = 10;
int lebar = 8;
// Buat object dari Persegi
String s1 = new
String("Hello");
Persegi p1 = new Persegi();
int luas =
p1.HitungLuas(panjang,lebar);
int keliling =
p1.HitungKeliling(panjang, lebar);
//print
System.out.println(luas);
System.out.println(keliling);
}
}
4. Contoh
program
public class
aplikasi {
public static void main (String [] args){
trapesium x = new trapesium(3,4,5);
System.out.println(x.luas());
System.out.println(x.keliling());
}
}
public class
trapesium {
public
trapesium (int a, int b, int t){
atas = a;
bawah =
b;
tinggi =
t;
}
public double luas() {
return (atas +
bawah * tinggi)/2;
}
public double
alassegitiga(){
return
(atas-bawah);
}
public double
simir(){
return
Math.sqrt(tinggi * tinggi + alassegitiga() * alassegitiga());
}
public double keliling ()
{
return atas + bawah + tinggi + simir();
}
public int
atas;
public int
bawah;
public int
tinggi;
}
import
java.util.Scanner;
public class
aplikasi {
public static void main(String [] args) {
Scanner in =
new Scanner(System.in);
System.out.print("Inputkan
Jumlah Data = ");
int a =
in.nextInt();
for(int i=0 ;
i < a;i++) {
System.out.print(+(i+1));
System.out.print(".Masukan
Nama = ");
String nama =
in.next();
System.out.print("
Masukan Nim = ");
String nim =
in.next ();
System.out.print("
Masukan Nilai = ");
int nilai =
in.nextInt();
new
Rumus().Huruf(nilai) ;
}
}
}
public class
Rumus {
public static
void Huruf (int nilai) {
if
(nilai>=80)
{
System.out.println("Nilai
A");
}
else
if
(nilai>=70)
{
System.out.println("Nilai
B");
}
else
if
(nilai>=60)
{
System.out.println("Nilai
C");
}
else
if
(nilai>=50)
{
System.out.println("Nilai
D");
}
else
if(nilai<=45)
{
System.out.println("Nilai
E");
}
}
}
Naahh.. mulai pusing?
Saya jugaa (-_-“)
Tapi harus tetap semangat dan selalu belajar !
Semoga postingan ini bermanfaat yaaa ..
[don’t be a silent reader.. do leave a comment ^^ ]
Tinggalkan jejak anda . -
3 komentar:
Hahaha, artikelnya kereeenn :v Kalo bisa posting tentang ARRAY dan MATRIX jg yaa :v
nun pliss nun plisss TT
ish, sok kenal.. nun nun -_-
yukk kunjungi http://serbaserbi-mahasiswa.blogspot.com
Posting Komentar